Disebuah Kantor  Pelayanan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten X memiliki beberapa gejala yang dimungkinkan menjadi masalah. Adapun gejalanya sebagai berikut:

  • Pada saat dilakukan pengawasan tertutup dan sidak (inspeksi mendadak) oleh pimpinan para pegawai di Kantor  Pelayanan Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten X tidak bekerja secara maksimal.
  • Di sinyalir ada konflik kepentingan antara Kasubag A dengan Kasubag B.
  • Sebagian masyarakat merasa tidak puas atas pelayanan publik yang di lakukan oleh Subag A tempat Kasubag A bekerja.
  • Di Subag B tempat Kasubag B bekerja berdasarkan laporan Masyarakat  diindikasikan ada praktek pungutan liar.
  • Di sisi lain, Subag B tempat Kasubag B bekerja berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan ternyata kinerjanya mencapai target dan bekerja dengan Efisien.
  • Semua pekerjaan pelayananan sudah di komputerisasi. Di sebagian bentuk pelayanan ada yang sudah menggunakan system online namun disebagian lain walaupun sudah terkomputerisasi, penyelesaian akhir masih non-online/semi otomatis.

Dari gejala-gejala di atas,

  1. Apa yang harus di lakukan oleh tim anda sebagai TIM ANALISIS SIM PEMDA?
  2. Masuk kedalam jenis masalah apa kondisi demikian, masalah terstruktur, semi terstruktur atau tidak terstruktur? Jelaskan!
  3. Apa sesungguhnya akar masalah dari kondisi yang ditemui seperti diatas tersebut?
  4. Alternatif-alternatif apa saja yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang telah di analisis oleh kelompok anda?
  5. Alternatif apa yang cocok dan pantas untuk memecahkan masalah tersebut? Jelaskan!

Jawaban anda di tunggu pada tanggal 10 November 2010 pukul 23.59 wib. Jawaban anda dalam form comment/komentar tidak langsung saya display. Display jawaban anda akan menunggu approve dari saya untuk menghindari perilaku anda menduplikasi (modifikasi dan copy paste) jawaban teman anda.

Iklan