DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP

Kelas Reguler dan Non Reguler

TAHUN AKADEMIK 2009/2010

Matakuliah                      : Electronic Government

Semester/Kelas             : VI (Empat)/C/G

SKS/Waktu                     : 3 SKS/120 menit

Dosen                              : Anis Fuad, S.Sos.

Sifat Ujian                       : Online

Petunjuk Soal :

a.   Jawablah pertanyaan berikut ini secara sistematis & akurat

b.  Sebelum menjawab pertanyaan setiap nomor, berikanlah penilai anda terhadap soal di tiap nomor dengan gambar 🙂 sebagai nilai anda terhadap nomor soal yang ada anggap mudah, 😐 = sedang, :(= Sulit.  Contoh: 🙂 1. Menurut pendapat saya, e-government adalah …….

  1. Secara internal, Reformasi dan penataan Birokrasi dapat berjalan dengan baik jika dibantu dengan pemanfaatan ICT. Namun disatu sisi kondisi digital divide di negara kita masih terlalu tinggi khususnya antara daerah perkotaan dan perdesaan. Bagaimana peran pemerintah dan masyarakat untuk memperpendek digital divide antara perkotaan dan perdesaan? Jelaskan pendapat anda!  (20 poin)
  2. Saat ini marak dimanfaatkannya Social Media Networking oleh masyarakat seperti Youtube, Facebook, Twitter, MySpace dan sejenisnya. Dapatkah Social Media Networking menjadi perangkat E-Gov?  Jelaskan! (20 poin)
  3. Menurut anda kebijakan e-gov di Indonesia dilakukan dan dikelola secara sentralisasi atau desentralisasi? Jelaskan pendapat anda! (20 poin)
  4. Cloud computing adalah salah satu tawaran efektif dan efisien dalam pengelolaan ICT di sebuah institusi. Menurut anda bermanfaatkah cloud computing diterapkan dalam e-gov? Jelaskan! (20 poin)
  5. UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP) diharapkan menjamin transparansi dan partisipasi publik dalam tatalaksana kepemerintahan di Indonesia. Menurut anda bagaimana implementasi UU KIP tersebut jika dikaitkan dalam kebijakan e-gov di Indonesia. Jelaskan! (20 poin)

Catatan:

  • Tindakan copy paste materi/artikel di internet sangat mudah di deteksi, oleh karena itu diharapkan soal diisi murni sesuai pendapat anda masing-masing. Pelanggaran dengan melakukan tindakan copy paste akan dikenai sanksi nilai E pada matakuliah ini.
  • Dikumpulkan via email: anisfuad@live.com pada tanggal 24 Juli 2010 (untuk Reguler) dan 23 Juli 2010 (untuk Non Reguler) pada pukul 23.55. Melebihi batas waktu tersebut jawaban anda kami tolak. Format file doc. Contoh file: junaidi_R_egov_VIC.doc atau junaidi_NR_egov_VIG.doc

Terima Kasih dan Semoga Berhasil

Share

Iklan