Sentuhan modern kini telah menyelusup dalam setiap area kehidupan. Tidak terkecuali dengan desain arsitektur dan interior ruangan, seperti halnya toilet umum.

Kini — khususnya di tempat– tempat publik seperti hotel, perkantoran, restoran, atau kafe — toilet kering pun menjadi konsep umum yang digunakan. Konsep desain ini membuat toilet umum menjadi area yang bersih, sehingga terasa lebih nyaman untuk digunakan.

Meski terlihat bersih secara kasat mata, tidak demikian halnya bila menggunakan mata mikroskop. Ditemukan setidaknya 21 jenis bakteri dan 2 jenis jamur di area ini. Keberadaan kuman ini pun tidak bisa dianggap sepele karena dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Direktur Utama RSIJ Pondok Kopi Jakarta Timur dr. M Natsir Nugroho, Sp.OG, M.Kes mengungkapkan, keluhan yang kerap dijumpai adalah gangguan pada organ genital wanita, seperti keputihan atau gatal-gatal akibat iritasi di area tersebut yang banyak dialami wanita pekerja di perkantoran. Tingkat gangguannya pun berbeda beda, ada yang parah dan tidak, namun dapat mengganggu kesehatan organ genital wanita.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Tumbuhnya kuman di area toilet umum justru datang dari para pengguna itu sendiri. Masih rendahnya kesadaran kebersihan masing-masing orang, dengan membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum adalah salah satu penyebabnya. Tidak tertutup kemungkinan bila orang yang memiliki virus tertentu, setelah memegang bagian yang terinfeksi, bisa menyebarkannya melalui tissue yang kemudian digunakan oleh orang lain.

Demikian halnya pada dudukan toilet umum yang juga menyimpan banyak kuman. Tentu saja, hal ini pun tergantung dari standardisasi kebersihan yang diterapkan dari masing-masing pengelola gedung, apakah menggunakan pembersih khusus atau tidak dan seberapa sering toilet umum tersebut dijaga kebersihannya. Bila dihadapkan dengan kondisi yang kurang bersih, tidak sedikit orang yang melakukan setengah jongkok, berjongkok di atas dudukan toilet, atau melapisi dudukan toilet dengan tissue
Padahal, untuk hal yang pertama dan kedua tersebut dapat membahayakan diri sendiri.

Kehadiran toilet seat sanitizer pun menjadi solusi bagi masalah ini. Produk dalam kemasan praktis seperti Be Clean Toilet Seat Sanitizer yang mengandung active disinfectant, efektif membunuh bakteri dan jamur. Cukup menyemprotkannya secara merata ke permukaan dudukan toilet dan diseka dengan tissue, maka dudukan pun menjadi lebih higienis. Yang pasti, rasa was-was akan tertular kuman bisa dieliminasi, desinfektan ini dapat meningkatkan kenyamanan saat menggunakan toilet.

Iklan